Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kualitas Hati yang sudah bertumbuh

Renungan terbaru 2023 Kualitas Hati yang sudah bertumbuh


Bacalah: Kisah Rasul 17:10-15

Saya menyadari, bahwa kita perlu sungguh - sungguh meminta kualitas hati yang sama seperti jemaat Berea. Saya sebut dengan istilah kualitas tanah hati super terbaik. Sekali Firman Tuhan disampaikan, maka benih Kerajaan itu segera bertumbuh dengan pesat, kuat, dan berbuah lebat.

Saat saya merenungkan mengenai kualitas Tanah Hati Super Terbaik, Roh Kudus secara spesifik menjelaskan beberapa hal:

1.    Roh Kudus menyorot nama Sopater, ia salah satu jemaat Berea yang 'tidak takut kehilangan nyawa bersama Paulus dalam menyelesaikan agenda Tuhan (Kisah Para Rasul 20:1-4)

Inilah contoh orang dengan kualitas tanah hati terbaik. Dari output yang terlihat, Ia segera menyatu dengan Paulus dan mengikuti Paulus, bahkan rela kehilangan nyawa bersama dengan Paulus. Secara internal batin ia langsung selesai dengan keakuannya dan menyatu dengan agenda Tuhan dalam diri Paulus. Tidak ada lagi agendaku, visiku, tujuanku, ia sepenuhnya mati bagi dosa dan hidup hanya bagi Allah.

Tidak ada pergumulan bagi Paulus untuk menanamkan prinsip kebenaran dalam hidupnya. Ia memiliki hidup yang tegak lurus dalam kebenaran. Hidupnya simpel saja (tidak jatuh bangun) lurus - lurus saja, dan terus melakukan kehendak Tuhan bersama dengan Paulus. Ia tidak serong ke kiri dan ke kanan, tapi ia Fokus!

Jadi karakterisik pertama dari tanah hati terbaik adalah mati dari keakuan dan hidupnya fokus hanya untuk agenda Tuhan yang ada dalam diri sang bapa rohani.

2.    Ada hal yang menarik dari arti Nama Sopater, dalam bahasa Yunani 'Sōpatros', yang memiliki makna: "saviour of his father", yang berarti dalam bahasa Indonesia adalah Penyelamat Dari Ayahnya!

Itulah yang saya sebut sebagai sifat original atau Asli Dari Seorang Anak Sejati. Ia akan berdiri bersama dengan ayahnya - di samping ayahnya! Bahkan ia akan menjadi perisai dan pedang yang tajam untuk menghancurkan musuh dalam peperangan! Kita harus paham bahwa peperangan kita bukanlah melawan darah dan daging.

Oleh karenanya, posisi rohani kita mesti terus bertumbuh dan semakin berotoritas. Kita perlu berfokus menggali firman yang disampaikan oleh bapa rohani (terus jagai mentalitas ketekunan jemaat Berea). Itu akan membuat Roh Kudus mengangkat kita menjadi satu keyakinan dan otomatis menjadi semakin menyatu dengan keberadaan Tuhan dan sang bapa rohani (1 Korintus 6:17, 1 Korintus 12:13, Efesus 4:11-16).

Kondisi inilah yang akan membuat roh kita tetap terjaga dalam segala situasi dan keadaan, entah bagaimana kita bisa menyadari bahkan mengetahui kalamana peperangan yang bisa 'membahayakan' bapa rohani kita sedang terjadi. Kita akan didorong oleh Roh Kudus untuk berdoa dan berperang dalam roh untuk mempertahankan kemenangan! Secara lahiriah pun kita akan menjadi penjaga dari keberadaan orang tua rohani kita dan juga rumah rohani. Kita tidak akan membiarkan adanya bahaya apapun yang datang menyerang!

3.    Karakteristik tanah hati Super Terbaik tertulis dengan jelas pada Mazmur 1.

Mazmur 1:1-3 (VMD) Allah memberkati orang yang tidak mendengarkan nasihat yang jahat, dan tidak hidup seperti orang berdosa, dan tidak menghabiskan waktu bersama orang yang tidak menghormati Allah. Sebaliknya, mereka suka akan ajaran TUHAN dan merenungkannya siang dan malam. Jadi, mereka menjadi kuat seperti pohon yang ditanam di tepi aliran sungai — seperti pohon yang berbuah pada musimnya, dan daunnya tidak pernah layu. Semua yang dikerjakannya berhasil.

a.    Kesukaannya bergaul dengan Allah (berasosiasi dengan pekerjaan Roh dan Firman)

b.    Menyukai firman bahkan 'kecanduan' akan Firman, pikirannya selalu mencari dan merenungkan firman, ada ketergantungan total atau penuh terhadap Firman.

c.    Perhatikan pasal di atas, dan perhatikan kata “Mereka”.

Jadi bukan kehidupan individu, melainkan korporat. Kualitas tanah hati terbaik adalah orang - orang yang kompak, rukun, penuh damai, dan fokus menyelesaikan agenda yang Tuhan tetapkan di dalam rumah rohani (Filipi 2). Kepada merekalah Tuhan mengirimkan berkat-Nya (Mazmur 133).

Firman hidup kekal akan menjadi sangat limpah di tengah - tengah mereka dan siap dialirkan untuk memulihkan hidup banyak orang.

Filipi 2:14-16 (Terjemahan TPT) Jalanilah kehidupan yang penuh keceriaan, tanpa bersungut-sungut ataupun perselisihan atau perpecahan diantaramu. Karena dengan demikianlah engkau akan dikenali sebagai anak-anak Tuhan yang tulus, tanpa cacat-cela, walaupun engkau hidup di tengah kultur yang brutal dan rusak ini. Karena engkau akan muncul di tengah mereka sebagai terang yang bersinar di alam semesta, Menawarkan Kepada Mereka Firman Hidup Kekal.

d.    Mereka akan memastikan aliran air hidup dalam batin mereka terus terpancar dengan deras tiap hari.

Gaya hidup membangun manusia rohani menjadi kultur dalam hidup mereka. Sehingga tidak ada kata 'kering', tetapi penuh dengan aliran kehidupan. Dengan demikian, tanah hati yang ada menjadi super terbaik! Tiap kali benih firman ditabur, langsung berakar kuat, bertumbuh pesat, dan berbuah lebat!



Posting Komentar untuk "Kualitas Hati yang sudah bertumbuh"