Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Harian: Bapa Rohani Yang Sejati

Renungan Harian 2023: Bapa Rohani Yang Sejati


Selama ini, prinsip kebapaan spiritual telah menjadi lahiriah, religius bahkan manipulatif. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: banyak hamba Tuhan yang menyebut dirinya bapa rohani tanpa melalui pekerjaan Roh dan Firman, dan banyak dari mereka yang menyebut dirinya anak rohani memiliki pengharapan yang salah terhadap bapa rohani yang sejati.

Kedua hal tersebut di atas menimbulkan banyak kerancuan dalam penerapan prinsip kebapaan rohani. Kita semua tahu bahwa ini adalah hal supernatural, pola ilahi. Ketika kita berbicara tentang hal-hal supernatural, bukan berarti di luar jangkauan kita, tetapi tentang cara pandang, kepercayaan, dan gaya hidup kita yang sesuai dengan kebenaran Tuhan, Firman-Nya.

Misalnya Elia dan Elisa:

1.   Bukanlah suatu kebetulan bahwa Elisa bertemu dengan Elia. Tuhanlah yang memulai pertemuan mereka.

Saat itu, Elisa melihat pekerjaan Firman dan Roh yang dibawa Elia dalam hidupnya, yang merupakan harta sejati yang dicari-cari oleh Elisa. Itulah alasan mengapa ia segera meninggalkan pekerjaan, harta, dan keluarganya untuk mengikuti Elia. Inilah sikap yang harus kita miliki, karena inilah prinsip Kerajaan Surga.

Matius 13:44-46 (NET) “Kerajaan surga itu seperti harta karun, tersembunyi di ladang, yang ditemukan dan disembunyikan seseorang. Kemudian karena gembira dia pergi dan menjual semua miliknya dan membeli ladang itu. “Sekali lagi, kerajaan surga seperti seorang saudagar yang mencari mutiara yang indah. Ketika dia menemukan mutiara yang sangat berharga, dia keluar dan menjual semua yang dia miliki dan membelinya.

2.   Jalan seorang anak spiritual mengikuti ayah spiritual sejati bukanlah cerita tentang seorang anak yang mencari ketenaran pribadi dan pujian dari orang lain, tetapi ini adalah cerita tentang seorang anak yang rela mati demi daging, sebuah jalan sepi di mana perjumpaan dengan Tuhan menjadi hal terpenting dalam hidupnya.

Saat Elisa mulai mengikuti Elia, namanya tidak lagi terdengar dan tertulis, sampai Elia akan diangkat ke surga. Itulah hati dan jalan hidup anak sejati yang harus kita miliki, karena inilah prinsip kebenaran!

Filipi 2:5-8 (NET) Hendaknya kamu mempunyai sikap yang sama terhadap satu sama lain seperti Kristus Yesus, yang walaupun dalam rupa Allah tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, tetapi mengosongkan diri-Nya dengan mengambil rupa seorang budak, dengan berpenampilan seperti laki-laki lain, dan dengan berbagi dalam sifat manusia. Dia merendahkan dirinya, dengan menjadi taat sampai mati—bahkan mati di kayu salib!

Tidak akan ada kebangkitan tanpa kematian. Tidak ada kemuliaan tanpa mengosongkan diri sendiri. Tidak ada kekuasaan Kerajaan yang akan diberikan tanpa melalui proses dari Tuhan.

3.   Perjalanan dengan bapa rohani sejati seperti perjalanan bersama Tuhan dalam menyelesaikan agenda-Nya.

Perjalanan antara bapa spiritual dan putra-putranya bukanlah perjalanan untuk berlibur, menikmati keindahan hidup. Sebaliknya, ini adalah perjalanan untuk meruntuhkan gerbang neraka, menghancurkan pekerjaan iblis, dan menaklukkan dunia. Persepsi dan mentalitas seperti itulah yang harus kita miliki sebagai anak rohani.

Mazmur 123:3-5 (NET) Ya, anak laki-laki adalah karunia dari Tuhan; buah kandungan adalah pahala. Anak laki-laki yang lahir di masa mudanya seperti anak panah di tangan seorang pejuang. Betapa diberkatinya orang yang mengisi tabungnya dengan mereka. Mereka tidak akan dipermalukan saat menghadapi musuh di gerbang kota. Dengan persepsi seperti itu, kita siap dan rela dibentuk dan dibangun untuk pemenuhan agenda Tuhan. Haleluya!

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Bapa Rohani Yang Sejati"