Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Harian: Hati yang Mau dibentuk

Mazmur 51:8 Sesungguhnya, Engkau berkenan akan kebenaran dalam batin, dan dengan diam-diam Engkau memberitahukan hikmat kepadaku.

 

Renungan Harian 2023: Hati yang Mau dibentuk

Kalimat "kebenaran dalam batin" terus berbicara dalam diri saya, dan terus 'mendorong saya' untuk mengevaluasi diri:

1.   Masih adakah ketulusan di dalam batin saya? Khususnya terhadap Tuhan.

Terkadang hati ini bisa berbelok ke kanan dan ke kiri ketika menghadap Tuhan. Tanpa sadar kita membawa cinta yang lain seperti cinta berkat, cinta uang, ataupun cinta diri sendiri, bahkan 'cinta pelayanan'. Padahal yang Tuhan inginkan adalah cinta sepenuhnya terhadap pribadi Tuhan, bukan kepada yang lainnya.

Inilah yang mesti saya benahi dan tetapkan dalam diri saya. Saya mau kembali pada cinta mula - mula terhadap Dia. Fokus mencintai Tuhan adalah kunci untuk terus menjalani hidup di jalan lurusnya Tuhan. Tuhan yang berperang, Tuhan yang menjagai, Tuhan yang memelihara dan Tuhan yang menyertai. Sepenuhnya hidup kita ada dalam tanggung jawab Tuhan.

Ulangan 6:4-5 (TB) Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa! Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu.  

2.   Apa yang menjadi keinginan - keinginan yang muncul dalam batin saya? Apakah masih ada keinginan lainnya? Apakah saya masih mengingini apa yang dunia tawarkan? Apakah saya masih ingin segala kemilau dunia?

Tuhan memang tidak anti kekayaan, tapi apakah saya masih menginginkan hal tersebut? Saya mau memurnikan hati saya di tengah dunia yang memang terus mencetak manusia untuk mengejar kekayaan. Saya mau menginginkan satu hal saja, yaitu PENGENALAN AKAN TUHAN.

Filipi 3:10-11 (TB) Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian- Nya, supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati. 

3.   Apa yang menjadi pemikiran - pemikiran yang muncul dalam pikiran saya? Apakah Firman atau justru berbagai 'kesibukan'?

Kita memang tidak boleh menganggur, tapi pikiran kita juga tidak boleh kehilangan fokus terhadap Firman-Nya! Inilah disiplin diri yang mesti saya tingkatkan. Sebab tidak bisa tidak, iman timbul dari pendengaran terhadap Firman, dan hanya oleh iman kita bisa mengalahkan dunia!

Matius 4:4 (TB) Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." 

Roma 10:17 (TB) Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus. 

1 Yohanes 5:4 (TB) sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.


Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Hati yang Mau dibentuk"