Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keluaran 27:1-8 Mengenai Mezbah Korban Bakaran

 

Keluaran 27:1-8 Mengenai Mezbah Korban Bakaran

Keluaran 27:1-8 membahas tentang instruksi yang diberikan oleh Allah kepada Musa mengenai pembangunan mezbah korban bakaran di dalam Kemah Pertemuan. Berikut ini adalah tafsiran mengenai pasal tersebut:

Pasal ini memberikan instruksi rinci mengenai mezbah korban bakaran yang harus dibuat oleh orang Israel. Mezbah korban bakaran ini akan digunakan untuk mempersembahkan korban-korban bakaran kepada Tuhan.

Ayat 1-2:

"Allah berfirman kepada Musa: 'Buatlah mezbah dari kayu penaga, dengan panjang 2 hasta dan lebar 2 hasta, dan tinggi 1 hasta. Buatlah tanduk-tanduk di keempat sudutnya, dan mezbah itu harus satu kesatuan dengan mezbah itu.'"

Instruksi ini menetapkan bahan yang harus digunakan untuk mezbah, yaitu kayu penaga. Mezbah tersebut harus memiliki ukuran 2 hasta (sekitar 90 cm) dalam panjang dan lebar, serta 1 hasta (sekitar 45 cm) dalam tinggi. Mezbah ini juga harus memiliki tanduk di keempat sudutnya, dan semua bagian mezbah harus menjadi satu kesatuan yang utuh.

Ayat 3-5:

"Dan buatlah kuali-kuali untuk membuang abu, dan penggar pengupas, dan lempengan-lempengan, dan garpu-garpu, dan cerat-ceratnya; segala perkakasnya hendaklah dari tembaga. Buatlah untuk mezbah itu jaring-jaring seperti jaring-jaring dari kain, dan buatlah di atas mezbah itu lingkaran yang dibuat dari tembaga di bawah tali buatanku."

Instruksi selanjutnya adalah membuat perlengkapan tambahan untuk mezbah. Ini mencakup kuali-kuali untuk membuang abu, penggar pengupas, lempengan-lempengan, garpu-garpu, dan cerat-ceratnya. Semua perlengkapan ini harus dibuat dari tembaga. Selain itu, mezbah itu sendiri harus dilengkapi dengan jaring-jaring seperti jaring-jaring kain dan lingkaran-lingkaran tembaga di bawah tali buatan Tuhan.

Ayat 6-8:

"Dan mezbah itu haruslah kaubuat, dari papan-papan; itu haruslah tempat kosong di dalam. Seperti yang ditunjukkan kepadamu gunung itu, demikianlah mereka harus membuatnya. Maka juga haruslah kaubuat pelataran untuk Kemah itu, pada sebelah selatan di sebelah tenggara harus ada pelataran dihalaman, yang terbuat dari kain lenan halus sampai seratus hasta dari sebelah sini. Di sebelah sejauh itu, ada tiang-tiang dua puluh dan soknya dua puluh, dari tembaga, dan kait-kait dari perak. Begitulah sebabnya, dari sebelah sejauh itu pelataran itu pada sebelah sebelah sana."

Instruksi terakhir adalah membuat mezbah itu sendiri dari papan-papan. Mezbah harus memiliki ruang kosong di dalamnya. Instruksi ini juga menetapkan pembuatan pelataran untuk Kemah itu, yang terletak di sebelah selatan, di sebelah tenggara pelataran dihalaman. Pelataran ini harus terbuat dari kain lenan halus sejauh seratus hasta. Di sekeliling pelataran tersebut, harus ada dua puluh tiang dan soknya, yang terbuat dari tembaga, serta kait-kait yang terbuat dari perak.

Secara keseluruhan, tafsiran Kitab Keluaran 27:1-8 mengenai mezbah korban bakaran memberikan instruksi rinci tentang pembangunan mezbah tersebut. Ini termasuk bahan yang harus digunakan, ukuran yang harus diikuti, perlengkapan tambahan yang diperlukan, dan pembuatan pelataran di sekelilingnya. Semua instruksi ini memberikan pedoman tentang bagaimana mempersembahkan korban bakaran kepada Tuhan dengan cara yang sesuai dan teratur.


Posting Komentar untuk "Keluaran 27:1-8 Mengenai Mezbah Korban Bakaran"