Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa mencerminkan hubungan yang erat antara hamba dan Tuhannya

Doa mencerminkan hubungan yang erat antara hamba dan Tuhannya


Berikut adalah terjemahan dari Kitab Mazmur 86:1-7 dalam Alkitab:

Kitab Mazmur 86:1-7 (TB)

1. "Doa Daud. Palingkanlah, ya TUHAN, telinga-Mu, jawablah aku, sebab aku miskin dan orang miskin ini.

2. Peliharalah jiwaku, sebab aku setia; tolonglah hamba-Mu ini, sebab aku mempersembahkan diriku kepadamu, Tuhan, Allahku.

3. Kasihanilah aku, ya Tuhan, sebab kepada-Mu aku berseru sepanjang hari.

4. Suka hati hamba-Mu ini, sebab kepada-Mu, ya Tuhan, kucurahkan hatiku; ya, kepada-Mu aku berseru, peliharalah hamba-Mu ini.

5. Sebab Engkau, Tuhan, baik dan penuh kasih setia, banyak rela memberi pertolongan kepada semua orang yang berseru kepada-Mu.

6. Dengarlah, ya TUHAN, doaku dan perhatikanlah suara permohonanku.

7. Pada hari kesesakan aku berseru kepada-Mu, sebab Engkau akan menjawab aku."

Tafsiran:

Pasal 86 adalah doa dari Raja Daud, yang mengekspresikan kerendahan hati dan kebutuhan akan perlindungan dan bimbingan Tuhan. Daud mengakui kelemahannya di hadapan Tuhan, menyatakan kesetiaannya kepada-Nya, dan memohon kasih dan pertolongan-Nya.

1.   Permohonan untuk Mendengar Doa (ayat 1-3): Daud meminta Tuhan untuk memperhatikan doanya dan menjawabnya. Dia mengakui kerentanannya sebagai orang miskin dan berseru kepada Tuhan, berharap agar Tuhan mendengar dan mengasihi dia.

2.   Pengakuan Kesetiaan (ayat 2): Daud menyatakan kesetiaannya kepada Tuhan, menyatakan bahwa ia adalah hamba Tuhan yang setia. Dia menyerahkan dirinya kepada Tuhan sebagai persembahan.

3.   Permohonan untuk Pertolongan (ayat 3-4): Daud memohon kasih Tuhan dan meminta pertolongan-Nya. Dia melemparkan harapannya sepenuhnya kepada Tuhan, memohon agar Tuhan memeliharanya dan mendengarkan seruannya.

4.   Pengakuan tentang Sifat Tuhan (ayat 5): Daud mengakui sifat baik dan kasih setia Tuhan. Dia yakin bahwa Tuhan adalah penyelamat yang murah hati dan bersedia memberikan pertolongan kepada semua yang berseru kepada-Nya.

5.   Doa dalam Kesesakan (ayat 6-7): Dalam saat kesesakan, Daud memohon agar Tuhan mendengarkan doanya. Dia menyampaikan hatinya kepada Tuhan dan yakin bahwa Tuhan akan menjawab seruannya pada saat yang tepat.

Renungan:

Mazmur 86:1-7 menggambarkan suatu doa pribadi yang penuh dengan kerendahan hati dan kepercayaan pada Tuhan. Daud, penulisnya, menyadari bahwa ia adalah orang yang miskin dan membutuhkan pertolongan Tuhan. Ia memohon kasih sayang, perlindungan, dan pengampunan Tuhan, serta menyatakan kepercayaan penuh bahwa Tuhan adalah baik dan setia. Doa ini mencerminkan hubungan yang erat antara hamba dan Tuhannya, di mana Daud mengandalkan Tuhan dalam setiap aspek kehidupannya.

Teks ini mencerminkan hubungan pribadi dan kepercayaan Daud kepada Tuhan, serta keyakinannya bahwa Tuhan adalah tempat perlindungan dan pertolongan yang setia bagi orang-orang yang berseru kepada-Nya.

Posting Komentar untuk "Doa mencerminkan hubungan yang erat antara hamba dan Tuhannya"